Sejarah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Pasuruan tidak terlepas dari sejarah Muhammadiyah kota Pasuruan. IPM Kota Pasuruan berdiri sekitar tahun 1982 dengan ketua pertama kalinya yaitu Akhyar Taman. 
IPM berubah menjadi IRM 
          Berdasarkan Keputusan pergantian nama ini tertuang dalam Surat Keputusan Pimpinan Pusat IPM Nomor VI/PP.IPM/1992, yang selanjutnya disahkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tanggal 18 Nopember 1992 melalui Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 53/SK-PP/IV.B/1.b/1992 tentang pergantian nama Ikatan Pelajar Muhammadiyah menjadi Ikatan Remaja Muhammadiyah, maka Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kota Pasuruan berubah menjadi Pimpinan Daerah Ikatan Remaja Muhammadiyah (PD IRM) Kota Pasuruan sesuai instruksi dari Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM).

        Seriring dengan perkembangan Muhammadiyah yang terus menggeliat di kota Pasuruan dengan berdirinya SMA Muhammadiyah di tahun 1987 maka digalakkan dan disemarakkan ranting-ranting IPM di sekolah-sekolah muhammadiyah.
Kepengurusan Ranting IPM di Kota Pasuruan sebagai berikut :
  1. PR IPM Ranting SMP Muhammadiyah 1 Pasuruan
  2. PR IPM Ranting SMU Muhammadiyah 1 Pasuruan
  3. PR IPM Ranting SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan.
IRM berubah menjadi IPM kembali
         Ketukan Palu Sidang Pleno terakhir Muktamar Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) Selasa (28/10/2008) di Surakarta secara resmi menetapkan perubahan nama Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) menjadi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

         Ketukan Palu Hadisra, Presidium Sidang dari Sulawesi Selatan, dalam sidang pleno yang berlangsung di Aula Asrama Haji Donohudan ini juga menetapkan Deny Wahyudi Kurniawan sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat IPM dengan Sekretaris Jendral Andy R. Wijaya.

       Sehingga sesuai dengan hasil amanat sidang dalam Muktamar dan berdasarkan SK PP IPM dan telah disetujui dan disahkan oleh SK PP Muhammadiyah no 60/KEP/1.0/B/2007 maka Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) berubah kembali menjadi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Dengan demikian PD IRM Kota Pasuruan dirubah menjadi PD IPM Kota Pasuruan.

         Sedangkan Periodisasi PD IRM Kota Pasuruan mulai dari awal kepengurusan sampai sekarang sebagai berikut :
- Periode I   Ketua Akhyar Taman 
- Periode II  Ketua Hery Kustanto
- Periode III Ketua Sofyan
- Periode IV Ketua  Ahmad Halimi 
- Periode V  Ketua M. Nur Yasin
- Periode VI Ketua Lutfi Hermansyah
- Periode 1998 s.d. 2000 Ketua Syahrial Wahyudin
- Periode 2000 s.d. 2003 Ketua Eko Teguh 
- Periode 2003 s.d. 2005 Ketua Abd. Rozak
- Periode 2005 s.d. 2007 Ketua Fitri Qodiri
- Periode 2007 s.d. 2009 Ketua Muhammad Syukron
- Periode 2009 s.d. 2011 Ketua Muhammad Syukron
- Periode 2011 s.d. 2013 Ketua Agus Wahyudi

Nuun Walqolami Wamaa Yasthuruun..
(Demi Pena dan Apa Yang Dituliskannya)