Arti Lambang

Gambar matahari bersinar (berjumlah 12) merupakan lambang Muhammadiyah, matahari tersebut berwarna kuning. Gambar matahari menunjukkan IPM adalah keluarga Muhammadiyah.


Bentuk : Segi lima bersisi runcing di bawah yang merupakan deformasi bentuk pena.

Jalur besar tengah, runcing dibawah berwarna kuning. Lebarnya ¼ lebar perisai lambang. Diapit oleh dua jalur berwarna merah, yang lebarnya 1/20 lebar perisai, dan dua jalur besar berwarna hijau, yang lebarnya ¼ perisai.

Ditengah bulatan matahari terdapat buku, berarti pengetahuan, atau dapat juga berarti Al qur’an yang suci (warna putih). Warna hijau menunjukkan agar ilu yang didapat diharapkan dapat mempertebal iman.

Ukuran : Satu banding dua

Warna : Kuning berarti keagungan, 
            Putih berarti suci, 
            Merah berarti keberanian, 
            Hijau berarti kesuburan dan harapan, 
            Hitam berarti keabadian. 
Matahari dengan sinar warna kuning. Buku berwarna putih terletak di dalam matahari. Tulisan ayat “Nuun, walqolami wamaa yasthuruun” (Nuun, demi pena dan apa yang mereka tuliskan)

Huruf I, P, dan M berwarna merah dengan kontur hitam. Merah berarti IPM berani secara aktif menyampaikan dakwah islam, karena IPM adalah pengemban tugas pelopor, pelangsung, dan penyempurna Muhammadiyah.

Maksud dari “Demi Pena dan Segala Apa yang Mereka Tuliskan” adalah Organisasi IPM ini merupakan organisasi yang beranggotakan dari kalangan para pelajar dan selayaknya pelajar pasti menggunakan sebuah pena, dan pena tersebut dianggap kinerja atau partisipasi kita dalam IPM, jadi apapun yang kita tuliskan kita juga harus berani mempertanggungjawabkannya sesuai dengan apa yang kita tulis.