SEJARAH BERDIRINYA MUHAMMADIYAH KOTA PASURUAN
       Persyarikatan Muhammadiyah didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tanggal 18 Nopember 1912 M, bertepatan 8 Dzulhijjah 1330 H di Yogyakarta. Kita mengenal sosok KH. Ahmad Dahlan tidak sekedar sebagai pendiri Persyarikatan Muhammadiyah, tetapi beliau juga seorang perintis kemerdekaan dan reformer Islam di Indonesia.
       KH. Ahmad Dahlan adalah sosok manusia yang mengedepankan amal saleh bagi manusia lain, manusia yang sepi ing pamrih, tapi rame ing gawe. Manusia berjiwa besar, yang di dadanya penuh cita-cita luhur dan penuh semangat perjuangan dan pengorbanan demi kemuliaan Islam. Sebagian besar masa hidupnya dipertaruhkan untuk perjuangan kebangkitan Islam di Tanah Air ini. Menjelang wafatnya tanggal 23 Pebruari 1923 tercatat aktifitasnya bertabligh ke berbagai daerah di Jawa Timur, antara lain :
  1. Tanggal 7 Januari 1922 bersama Nyai Ahmad Dahlan membuka rapat di Kota Banyuwangi.
  2. Tanggal 30 Januari 1922 menyerahkan Ijazah kepada Ulama-ulama di Probolinggo dengan KH. Fachruddin dan M. Abdullah.
  3. Tanggal 14 Juni 1922 mengunjungi Rapat Ulama yang diselenggarakan di Pengulon Nganjuk bersama Nyai Ahmad Dahlan dan S.Umamah.
  4. Tanggal 12 September 1922 melangsungkan tabligh dalam rapat umum S1 di Bangil
  5. Tanggal 29 Nopember 1922 tetirah ke Tosari bersama Nyai Ahmad Dahlan sambil mendirikan masjid di sana.
      Dengan kunjungan di daerah sekitar Pasuruan inilah banyak membawa perubahan besar terhadap pemahaman Islam di Pasuruan. Setelah dirintis oleh Bpk ARC Salim Bersama adiknya, maka pada tahun 1927 berdirilah Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang meliputi wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan.
      Pengurus pergerakan ini masih bersifat gugur gunung, artinya masih belum tersusun secara baik dan teratur, tetapi asal ada saja yang mengurusi persyarikatan ini.
Anggota Persyarikatan ini pada saat itu belum banyak, bisa dihitung dengan jari. Sekitar 50-an saja dapat didata warga Muhammadiyah di Pasuruan hanya :
  1. Bapak Pulungan yang tinggal di muka Kantor Pos
  2. Bapak Anwar Katsir yang tinggal di Jl. Niaga
  3. Bapak Yoso Dirono yang tinggal di Jl. Mawar
  4. Bapak Saleh Djambek yang tinggal di Jl. Arjuno
  5. Bapak R. Saleh yang tinggal di Jl. Diponegoro
  6. Bapak Karto Wisastro yang tinggal di Jl. Diponegoro
  7. Bapak Amin yang tinggal di Jl. Melati
  8. Bapak Harjo Sentono yang tinggal di Jl. Wiroguno
  9. Bapak Hasbullah Siddiq yang tinggal di Jl. Slagah
  10. Bapak Sukaemi Rusdi yang tinggal di Jl. Pahlawan
  11. Bapak Hidayatullah yang tinggal di Jl. DR. Wahidin Selatan
  12. Bapak Zaenal Fatah yang tinggal di Grati
  13. Bapak Ismail Wibisono yang tinggal di Jl. Niaga.
      Mereka inilah bersama keluarganya yang sefaham ajaran KH, Ahmad Dahlan pada saat itu. Sebagian besar dari mereka adalah pendatang sebagai pegawai dan guru.
      Kendala pada saat itu adalah waktu pendudukan Jepang di Indonesia, termasuk di Pasuruan. Orang-orang yang dianggap menghambat usaha-usaha pemerintah Jepang ditanngkap dan disiksa.
      Tokoh Muhammadiyah pada saat itu yang turut menjadi korban jepang adalah Pak Totok. Beliau saat itu menjabat Pimpinan Muhammadiyah Cabang Pasuruan ditangkap Jepang dan disiksa di Pelabuhan Pasuruan sampai meninggal dunia. Dan Pimpinan Muhammadiyah Cabang Pasuruan dibubarkan. Sehingga satu-satunya amal usaha Muhammadiyah, yaitu SD Muhammadiyah yang berlokasi di Jalan Diponegoro dibubarkan pula dan bangku-bangku sekolahnya disembunyikan di Lekok – Kabupaten Pasuruan.
      Dengan sisa-sisa semangat ber-Muhammadiyah, pada tanggal 10 Juni 1942 Ibu Hardjo Sentono merintis berdirinya sekolah lagi dengan nama Madrasah banatul Muslimat di Poncol atau SD/MI Muhammadiyah sekarang. Di bawah asuhan Ibu Hardjo Sentono dibantu oleh guru-guru yang didatangkan dari madrasah mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta.
Guru-guru tersebut adalah :
  1. Ibu Jundanah              asal Yogyakarta
  2. Ibu Muslichah             asal Yogyakarta
  3. Ibu Warsinah              asal Jember
  4. Ibu Musrifah               asal Yogyakarta
       Mereka semua ditampung oleh Ibu Hardjo Sentono. Semua biaya hidupnya ditanggung. Mereka merupakan kader-kader persyarikatan. Sekolah inilah yang menjadi sentral kegiatan dakwah Muhammadiyah pada saat itu. Pengajian, kursus qiroatil Qur’an, rapat-rapat pemuda, dan pelatihan organisasi atau politik dilaksanakan disini.
       Keadaan   kepengurusan Muhammadiyah pada saat itu masih fakum dan tidak menentu. Karena pengaruh politik dan kependudukan Jepang dahulu sangat mempengaruhi semangat berorganisasi. Walaupun negeri ini sudah merdeka tapi trauma masa lalu masih sangat terasa. Kondisi semacam ini terjadi sampai tahun 1957.
       Terjadilah momentum yang sangat bersejarah yaitu pada hari ahad,28 Oktober 1957 di rumah Bpk. Anwar Katsir dengan dihadiri oleh para pemuda terbentuklah Muhammadiyah Cabang Pasuruan sebagai berikut :  

    Ketua                             : Yosodirono
    Wakil Ketua                    : M. Saleh Djambek
    Penulis I                         : Sudibyo Zainal Fatah
    Penulis II                        : Ruslan Suharto
    Bendahara                      : Amin
    Bagian Tabligh                 : Anwar Katsir
                                            R. Saleh
    Bagian Pengajaran            : Karnasi
                                            Ahmad Baidowi
                                            Padmo Sudarmo
    Bagian PKU                      : Kartowisastro
                                             Harjendro
    Bagian Pemuda                 : M. Ismail Wibisono
                                             Muh. Munir
                                             Ruslan Suharto
    Bagian ‘Aisyiyah                : Ibu Hardjo Sentono
                                             Ibu Suyid
                                             Ibu Sri Maryati
      Dengan kepengurusan yang lengkap inilah Muhammadiyah mulai berani mengadakan kegiatan dakwah keluar yang dilaksanakan di halaman rumah Bapak Abdullah Al Gadri (Wisma Cipto/Hotel Pasuruan sekarang) pengajian memperingati isro’ dengan pembicara Bapak Turchan Badri dari Porong.
      Baru satu tahun kepengurusan berjalan, pada tahun 1958 terjadilah perubahan susunan kepengurusan Muhammadiyah Cabang Pasuruan. Perubahan kepengurusan ini dikarenakan keluarnya Bapak Anwar Katsir dari Persyarikatan Muhammadiyah. Hasil Musyawarah Pengurus dan sesepuh Muhammadiyah memutuskan susunan pengurus Muhammadiyah Cabang Pasuruan sebagai berikut :
  - Ketua                         : Saleh Djambek
  - Wakil Ketua                 : Yoso Dirono
  - Sekretaris                   : Ruslan Suharto
  - Wakil Sekretaris           : Zainal Fatah
  - Bendahara                  : Amin
  - Bagian Tabligh             : R. Saleh
  - Bagian PKU                 : Karto Wisastro
  - Bagian Usaha              : Hidayatullah
  - Bagian Pemuda            : Ismail Wibisono
  - Bagian Pendidikan        : Padmo Sudarmo
Kemudian secara periodik Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pasuruan  dipimpin oleh :
    1960 – 1965  Ketua  Bpk. Hasbullah Shidiq
    1965 – 1970  Ketua Bpk. Maskoer
    1970 – 1975  Ketua Bpk. Maskoer
    1975 – 1980  Ketua Bpk. Imam Ghozali, HR. 
    1980 – 1985  Ketua Bpk. Moh. Mirin
      Dengan silih bergantinya kepengurusan Muhammadiyah dan kiprahnya tokoh-tokoh Muhammadiyah maupun pemudanya yang tidak kenal lelah dan tanpa pamrih maka amal usaha Muhammadiyah pun semakin banyak dan beragam. Dan eiring perkembangan system tabligh dan pendidikan yang dilaksanakan Muhammadiyah, maka perkembangan pengikut Muhammadiyah semakin banyak.

     Tahun demi tahun persyarikatan Muhammadiyah makin menunjukkan eksistensinya di berbagai pelosok Pasuruan. Agar lebih mudah koordinasinya, maka pada tahun 1987 Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasuruan Bapak Syaifudin Idris, BA. mengajukan diadakan pemisahan antara Kota dan Kabupaten Pasuruan. Permohonan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pasuruan ini dikabulkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
PERKEMBANGAN MUHAMMADIYAH DARI MASA KE MASA
     Periode awal pemisahan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kodya dan Kabupaten Pasuruan diawali dengan Musyawarah Daerah Periode 1985 – 1990 terpilihlah Bapak Djainuri Alief ebagai Ketua Umum PDM Kota Pasuruan. Kemudian diikuti dengan terbentuknya tiga Pimpinan Cabang Muhammadiyah pada Musycab bersama tanggal 27 Desember 1987 di SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan yaitu :
  1. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purworejo terpilih sebagai Ketua adalah Bapak Imam Ghozali yang membawahi 7 ranting.
  2. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gadingrejo terpilih sebagai Ketua adalah Bapak Abd. Rochim yang membawahi 9 Ranting.
  3. Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bugul Kidul terpilih sebagai Ketua adalah Bapak Imam Hidayat, BA. yang membawahi 8 ranting.
      Dan terbentuk pula ortom-ortom yang lengkap dengan struktur kepengurusannya. ‘Aisyiyah, Pemuda, NA, IRM, Tapak Suci, ada di tingkat Daerah, Cabang dan Ranting.
      Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pasuruan periode awal ini sudah banyak memiliki anggota resmi ber-KTA dan tidak sedikit pula simpatisan yang menyebar di seluruh ranting baik yang sudah resmi terbentuk maupun yang belum resmi. Anggota Muhammadiyah sudah menyentuh ke berbagai lapisan masyarakat : ada petani, pengusaha, pegawai negeri atau swasta, nelayan, guru, seniman, politikus, da’i, buruh dan lain sebagainya.
      Aktifitas dakwah cukup semarak di masyarakat. Kegiatan sosial setiap ada momen penting senantiasa dilaksanakan. Pengajian keliling secara berkala juga digelar, Peringatan hari-hari besar Nasional atau agama diperingati. Berbagai amal usaha sudah ada antara lain: Sekolah, Rumah Bersalin, Mushollah dan Masjid. 
      Amal usaha inilah yang banyak mendukung perkembangan Muhammadiyah di Kota Pasuruan baik dari segi perkembangan anggota, amal usaha maupun perkembangan aktifitas dakwahnya.
      Pergantian kepengurusan senantiasa dilaksanakan sesuai dengan kaidah persyarikatan baik di tingkat daerah maupun cabang.
       Periodisasi PDM Kota Pasuruan
- Periode 1985 s.d. 1990 Ketua Djainuri Alief
- Periode 1990 s.d. 1995 Ketua Aly Chumaidy, BA.
- Periode 1995 s.d. 2000 Ketua H. Djainuri Alief
- Periode 2000 s.d. 2005 Ketua Drs. Ghozali Arif
- Periode 2005 s.d. 2010 Ketua Ust. H. Abdurrahman Ubaid 
- Periode 2011 s.d. 2015 Ketua Ust. Drs. Kholil Asyari 
- Periode 2016 s.d. 2017 Ketua Ust. Drs. Kholil Asyari
- Periode 2017 s.d. 2020 Ketua Ust. Drs. Abu Nasir, M.Ag. (Menggantikan Ust. Kholil Asyari yang meninggal dunia, 28 September 2017)

      Periodisasi PDA Kota Pasuruan
- Periode 1985 s.d. 1990 Ketua Ibu Saleh Djambek
- Periode 1990 s.d. 1995 Ketua Supinah Supandi
- Periode 1995 s.d. 2000 Ketua Hj. Fatimah Masykur
- Periode 2000 s.d. 2005 Ketua Hj. Fatimah Masykur
- Periode 2006 s.d. 2010 Ketua Hj. 
- Periode 2010 s.d. 2015 Ketua Ibu  
- Periode 2015 s.d. 2020 Ketua Ibu Faruk Hentihu


Sumber : http://pasuruan-kota.muhammadiyah.or.id/content-3-sdet-sejarah.html

dan Sumber Lainnya